Minggu, 29 Mei 2016

Prospek Kerja yang Luar Biasa !!!

Prospek Pekerjaan Terbaik untuk Lulusan Kimia MIPA

Pekerjaan Impian Mahasiswa Kimia

Kali ini Mystupidtheory.com akan sharing mengenai prospek kerja dari para lulusan Ilmu kimia. Beberapa dari pengunjung mungkin adalah murid SMA yang tertarik untuk mendalami jurusan Kimia. Jadi dengarkan guys! Ini akan sangat penting buat kalian.

Kuliah di jurusan kimia, biasanya masyarakat hanya akan mengidentikkan kita dengan bom. Ya! Seolah-olah semua mahasiswa kimia bisa membuat peledak. Padahal enggak juga.

Maka kali ini kita akan mengulas lebih jauh mengenai profesi terbaik untuk para lulusan kimia. Semoga bisa membuat kalian lebih tertarik untuk belajar kimia.

Oh ya, ini aku ambil dari web berbahasa Inggris, karena aku sendiri sudah memilih profesi yang diluar jalur kimia. :D

So this is it! Beberapa profesi terbaik untuk lulusan Ilmu Kimia (sains murni):

Kimiawan saintis
Kimiawan saintis

Agrochemist

Aku kurang yakin kalau profesi ini sudah ada di Indonesia, tetapi profesi ini benar-benar dibutuhkan di negara-negara maju. Agrochemist merupakan kimiawan yang bekerja dalam bidang agroindustri (industri pertanian dan perkebunan). Pokok utama pekerjaannya ialah untuk meningkatkan hasil panen dan sumberdaya pangan manusia. Penelitian, produksi dan analisis herbisida juga pestisida adalah tanggung jawab mereka. Mereka dibutuhkan baik di instansi pemerintah maupun di pihak swasta(Perusahaan)

Biochemist

Biochemist cukup populer dan diperlukan di Indonesia, terutama dalam bidang medis. Biokimia merupakan gabungan dari biologi dan kimia organik. Seorang biochemist adalah kimiawan yang mempelajari makhluk hidup dan proses-proses kimia yang terjadi dalam makhluk hidup tersebut. Biochemist dibutuhkan dalam bidang penelitian medis obat-obatan, dan penelitian obat hewan (veterinary).

Geochemist

Geochemist adalah salah satu profesi yang memiliki masa depan cerah di Indonesia, walaupun hingga sekarang posisi ini lebih banyak ditempati oleh lulusan geologi. Geochemist merupakan seseorang yang mampu melakukan penelitian mineral, bebatuan dan penambangan. Mereka juga mampu menganalisa dampak penambangan di suatu wilayah. Profesi ini diperlukan oleh banyak perusahaan tambang di seluruh dunia.

Kimiawan Anorganik

Kimiawan Anorganik adalah orang yang mampu melakukan penelitian dalam bidang material dan kristal. Selain mempelajari mengenai pelapisan logam, pembentukan kristal dan beragam desain material lainnya, seorang kimiawan anorganik juga mampu meneliti pembuangan limbah tambang.


Ahli Forensik

Ahli Forensik aldalah kimiawan yang bekerja di lokasi kriminal untuk melakukan penyelidikan terhadap bukti-bukti kejahatan yang terjadi. Mereka menyelidiki sisa rambut, serat pabrik, minyak, oli, cat juga darah yang terdapat pada suatu lokasi terjadinya kejahatan. Analisa terhadap DNA memberikan keterangan yang lebih lengkap pada pada peneliti forensik.

Ahli Lingkungan  

Ahli lingkungan merupakan prospek kerja yang sangat luas dari para lulusan kimia terutama di Indonesia. Ahli lingkungan adalah kimiawan yang meneliti tentang dampak lingkungan dari aktifitas industri dan tambang manusia.

Kimiawan lingkungan ini memberikan teknik pengelolaan limbah untuk perusahaan agar tidak menghasilkan limbah yang berbahaya. Hampir semua industri yang bergerak dalam produksi memerlukan para ahli kimia lingkungan.

Physical Chemist

Kimiawan Fisik (physical chemist) adalah orang yang mampu melakukan penelitian dalam skala molekuler dan atom. Kimiawan fisik sangat diperlukan di berbagai bidang kimia, terutama yang berhubungan dengan sifat fisis suatu senyawa.

Belakangan ini lingkup kerja para ilmuwan kimia fisik populer dalam nanosains dan nanopartikel. Kimiawan fisik juga seringkali terlibat langsung dalam analisis lingkungan dan penanganan lingkungan. Banyak industri yang memerlukan seorang kimiawan fisik, terutama untuk menangani produksi dan limbah suatu pabrik.

Organic Chemist

Kimiawan organik (organic chemist) adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menganalisa dan meneliti mengenai senyawa organik. Kemampuan ini sangatlah penting dan diperlukan dalam industri-industri. Pabrik karet, obat-obatan, bedak dan kosmetik bahkan bahan bakar semuanya merupakan senyawa karbon yang menjadi keahlian Kimiawan organik. Hampir semua perusahaan farmasi di Indonesia memerlukan kimiawan organik ini, kemampuan mereka dalam mensintesis senyawa karbon akan sangat dibutuhkan di perusahaan farmasi.

Sales Bahan Kimia

Setiap industri produksi pasti memerlukan bahan kimia. Beragam kebutuhan bahan kimia ini akan dipasok ke pabrik-pabrik melalui seorang sales bahan kimia. Perusahaan pemasok bahan kimia dalam jumlah besar pasti memerlukan sales bahan kimia. Mereka mungkin tidak ahli di laboraturium, tetapi kemampuannya dalam bernegosiasi dan menawarkan bahan kimia akan sangat diperlukan perusahaan industri.

Pendidik/Dosen

Hampir semua lulusan ilmu kimia MIPA dapat menjadi dosen. Tetapi untuk menjadi seorang dosen, diperlukan tingkat pendidikan yang lebih dari sekedar sarjana, mereka harus S2 (bergelar master).

Sedangkan untuk menjadi seorang pendidik tidak perlu gelar master, hanya perlu melatih kemampuan menjelaskan dan menguraikan materi saja sudah bisa menjadi guru SMA ataupun guru Les. Peluang ini terbuka lebar mengingat mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran wajib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar