Rabu, 26 Januari 2022

MATERI SEMINAR KEWIRAUSAHAAN

 

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamu’alaikum wr.wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua, Yang terhormat Ibu Dr.Maria Ulfa, M.Si selaku ketua Program studi Kimia FMIPA UNRAM, dan yang kami Hormati juga Para pemateri seminar kewirausahaan yaitu mbk Novia Angelia Robert S.Si selaku Beauty influencer Oriflame  dan kak Firman Abadi Saputra, S.Si selaku Senior Associate Business Development Syariah LinkAja Syariah Lead Bali Nusra. Lengapnya hadirin peserta Seminar Entrepreneur yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah dengan ucapan “Alhamdulillahirobbil’alamin” yang telah memberikan segala kenikmatan karunia dan hidayahnya kepada kita, dan sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul dalam acara Seminar Sukses besar bagi pengusaha muda.

Kedua kalinya sholawat dan juga salam kita haturkan kepada Nabi muhammad SAW yang semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di hari akhir, amin yarobbal ‘alamin.

Teman-teman yang berbahagia, sebelum saya menyampaikan materi ataupun menceritakan pengalaman nantinya, terlebih dahulu saya memperkenalkan diri karena tak kenal maka tak sayang.

Perkenalkan nama saya Ahmad Teguh Riady, asli dari Desa Terong Tawah, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Saya mahasiswa Kimia FMIPA UNRAM angkatan tahun 2015, Alhamdulilah saya tamat atau lulus pada tahun 2019 sebelum Corona (Covid-19).

Sebagian besar mahasiswa beranggapan bahwa dalam perkuliahan tidak cukup hanya mengedepankan nilai akademik saja, melainkan harus ada nilai non akademik dan itu di dapatkan dari Organisasi. Alhamdulillah saya mengikuti organisasi HMPS Kimia, SKI At-Tafakkur dan BEM FMIPA UNRAM. Melalui organisasi ini saya mendapat pengalaman yang banyak dan ilmu dari teman-teman organisasi, kakak tingkat maupun beberapa dosen secara umum dosen FMIPA UNRAM. Pengalaman-pengalaman tersebut tidak saya peroleh didalam bangku perkuliahan. Beberapa organisasi yang saya ikuti memberikan dampak positif yg sangat besar yaitu pengalaman yang sangat berharga sampai detik ini adalah banyaknya relasi dan cara berinteraksi yang baik dengan banyak kalangan. Dari banyaknya relasi dan interaksi ataupun diskusi, hasil yang diperoleh yang saya dapatkan ialah salah satunya cara mempromosikan beberapa produk yang sebelumnya belum pernah saya lakukan. Melihat pesatnya IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi) pada zaman sekarang ini sistem-sistem pemasaran banyak yang saya ketahui dan saya pahami, terutama dengan sistem online.  

Sistem online yang saya lakukan melihat berkembangnya IPTEK, saya bisa mendapatkan sebanyak-banyaknya relasi, tentunya dengan banyaknya relasi yang saya dapatkan prosfek bisnis yang saya geluti bisa meningkat dari waktu ke waktu. Bisnis yang saya geluti adalah desain interior khususnya spesialis gorden dan wallpaper untuk kebutuhan instansii, kantor, hotel, rumah pribadi, villa dll. Saya memulai bisnis dari sejak kuliah Semester III pada tahun 2016 sampai saat ini. Sehingga di beberapa instansi pemerintah saya dipercayakan untuk memenuhi kebutuhan instansi tersebut termasuk disebuah lembaga tercinta kampus FMIPA UNRAM. Tetangga kampus FH dan FK UNRAM. Dan beberapa Kabupaten di Provinis NTB antara lain: Sumbawa Kecamatan Boer, RSUD Tanjung KLU, Klinik Kuncup Bunga Selong LOTIM, Puskesmas Kopang LOTENG dan Madrasah Sayang Ibu, Lingsar, Lombok Barat dan banyak lagi tempat lainnya. 

Mengapa saya menggeluti bisnis interior spesialis gorden dan wallpaper?? Karena saya bisa membaca peluang, dimana Lombok ini sangat maju dalam pembangunan. Lebih-lebih pembangunan sirkuit mandalika tentunya banyak hotel yang akan di bangun, itulah sebabnya bisnis ini insyaAllah tidak akan mati kedepannya. Disamping kita bisa membaca peluang, dalam berwirausaha kita juga harus memiliki sifat mandiri pemberani karena bisnis ini berbeda jauh dengan bidang keilmuan saya namun sy Percaya bahwa ilmu Kimia sangatlah Fleksibel (Luas Cakupan untuk peluang masa depan sy), untuk bisa bersaing dalam dunia pekerjaan karena sangat banyak pengaplikasian dari ilmu kimia tersebut. Ilmu kimia sederhana bisa menghasilkan sesuatu yang besar dan bermanfaat. Contoh ilmu kimia sederhana yang di aplikasikan dalam dunia pekerjaan yaitu penguapan air dengan metode destilasi uap dalam proses bisnis yang saya geluti pada kain gorden tujuan destilasi uap adalah untuk proses penguapan dalam pembentukan gelembung kain gorden sehinngga mendapatkan hasil yang maksimal, kemudiaan pada wallpaper proses pencampuran bahan  kertas yang dilapisi vynil, pencampuran warna maupun lem yang digunakan sangat berkaitan erat dengan ilmu kimia.

itulah sedikit pengalaman berbisnis saya ketika kuliah dulu….

Dari cerita tersebut, ada 3 point yang bisa kita dapatkan yaitu Mandiri, Berani dan Tidak Pelit. Jadi, dalam berbisnis juga kita harus pandai berbicara atau ngomong, kita harus memiliki karakter dalam berbicara atau Ngomong itu yang mengubah, ngomong jangan asal ngomong. Kenapa? Ada pepatah mengatakan : 1 peluru hanya bisa menembus 1 kepala, tapi 1 kata bisa menembus jutaan kepala.

Maka ketika kita ingin presentasi atau meyakinkan orang maka mari bergabung dalam bisnis orang-orang yang anda minati sehingga anda akan mendapatkan kejelasan informasinya dan kamipun selaku yg memiliki bisnis akan terus belajar supaya kami memberikan hal yang tersebut diatas yaitu memberikan kata yg dapat mengubah menjadi lebih baik tentunya. Kita harus memberikan sesuatu yang memberikan perubahan. Kenapa?? Karena ketika kita mengajak orang kemudian berkembang, itu bukan semata-mata ntuk kita, tujuannya juga untuk memberikan mereka tumbuh, berkembang dan maju.

Jujur saja, sy pribadi dahulu orangnya suka asal ngomong, namun melalui ini kita sama2 belajar. Mengacu ke cerita saya juga yang kuliah sambil bisnis, sampai dalam setiap perkuliahan dan organisasi banyak teman-teman yang bahasanya mentertawakan ataupun melecehkan, dengan kalimat “Teguh Gorden” sambil ketawa, sekarang itu sy buktikan kalau sy bisa. Mengapa itu bisa, karena sy mempunyai mimpi yang sudah lama saya tuliskan.

 

Keinginan:

·       Mendapat Gelar S.Si di FMIPA Prodi Kimia, menempuhnya bersama teman Kimia Angkatan 2015

·       Sukses Semuda mungkin

·       Kuliah lancar dan bisnis juga lancar

·       Mempunyai Rumah setelah Wisuda Gelar S.Si

·       Mempunyai Bisnis yang tidak Monoton (selain di gorden dan wallpapper)

Mimpi itu mempengaruhi Hormon, dlm bahasa agama juga mengatakan: Tuhan itu sesuai dengan prasangka Hambanya.

Mengapa sy mengatakan mimpi itu mempengaruhi hormon?? Karena dalam mimpi itu pasti larinya ke pemikiran. Contoh kcil Teman2 bisa bayangkan: Tangan sebelah kiri memegang jeruk nipis: jeruk nipis memiliki rasa yang asem dan kecut, kemudian tangan sebelah kanan teman2 memegang pisau, lalu pisau tersebut memotong jeruk nipis menjadi terbelah dua kemudian teman2 cicipi jeruk nipis yang ada di sebelah tangan kiri teman-teman, tentu rasanya akan asem dan pahit. Itulah sebabnya mimpi itu ataupun pemikiran itu akan mengalir ke tubuh kita dan mempengaruhi hormon. Tentunya mimpi yang positif dan sebisa mungkin kita berpikir positif.

Sekali lagi mimpi itu mempengaruhi hormon-hormon, dalam bahasa agama: tuhan itu sesuai prasangka hambanya. Kalau anda berprasangka sukses, anda akan sukses. Kalau anda berprasangka aduh berat hidup ini, maka hidup anda berat. Jujur saya dulu pernah berprasangka, sy tidak mau mempunyai duit banyak, kenapa??? Prasangka sy duit itu sumber perpecahan, duit sumber maksiat, duit itu urusan dunia, sehingga apa? sy tidak pernah punya duit banyak. Sekarang prinsip hidup saya, saya harus punya duit sebanyak-banyaknya, buat apa??? Buat membantu orang, buat menolong orang, buat mensupport orang. Dan Alhamdulillah Allah Swt, Tuhan yang Maha Esa memberikan sy rezeki yang cukup dalam usia yang bisa dikatakan masih muda, cukup dalam membangun rumah, membeli motor, memberli mobil walaupun ¼ dari harga mobil saya keluarkan untuk mencapai mimpi-mimpi. Alhamdulillah hampir semua mimpi yang sy tulisakan itu tercapai.

Kata Trakhir nanti saya akan Tulis dalam Pesan Langsung yang sy dapatkkan dari Motivator sy sejak Kecil yaitu Bapak Mario Teguh yang berpesan “Hidup itu ada 3 yaitu Bekerja, Bermain dan Istirahat” ketika yang 3 ini kita maksimalkan atau dalam 1 hari kan ada 24 Jam : 3 menjadi 8 Jam, ketika kita bisa maksimal melakukan Bekerja 8 Jam, Bermain 8 Jam dan istirahat 8 jam maka kita akan menjadi orang yang paling sukses. Lebih spesialnya lagi kita bisa menyatukan yg bekerja itu menjadi bermain karena ketika bermain kita cenderung senang dan bekerja cenderung tertekan. Itulah sebabnya saya dalam hal bisnis yang sy geluti sebisa mungkin supaya ada bercanda atau bermainnya bareng tim ataupun karyawan supaya cenderung tidak terlalu melelahkan.

Demikian yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Mungkin untuk lebih spesifik terkait tema Sukses Besar Bagi Pengusaha Muda bisa kita sama2 Sharing melalui diskusi ataupun pertanyaan yang nantinya teman-teman yang bertanya ataupun yang sharing akan mendapatkan voucher Rp. 250.000 untuk 5 orang. Terimakasih

Wassalamu’alaikum wr.wb …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar